Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan yang Perlu Kamu ketahui Sebelum Melancong

Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan yang Perlu Kamu ketahui Sebelum Melancong

Saat merencanakan liburan perjalanan baik dalam negeri maupun luar negeri, banyak orang sudah mulai menyadari asuransi travel atau asuransi khusus perjalanan merupakan persyaratan wajib untuk mengajukan visa. Namun, banyak dari kita hanya membeli asuransi perjalanan untuk memenuhi persyaratan tersebut saja. Sehingga terkadang sebagian dari kita tidak tahu apa saja yang ditanggung oleh asuransi tersebut.

Asuransi perjalanan memberikan perlindungan mencakup berbagai jenis kerugian finansial yang mungkin dialami seseorang dalam perjalanan mereka. Meskipun menjadi syarat pembuatan visa dan berguna saat melakukan perjalanan luar negeri, namun asuransi perjalanan juga sama pentingnya dimiliki ketika ingin bepergian dalam negeri. Semua tergantung pada jenis asuransi perjalanan yang dibeli. Ditambah lagi biaya asuransi perjalanan cenderung lebih murah karena hanya sebagian kecil dari biaya keseluruhan perjalanan. Dengan melakukan investasi kecil ini, akan memastikan kamu terlindungi dan tidak mengalami kerugian besar jika harus membatalkan perjalanan, mempersingkatnya, atau bahkan menghadapi keadaan darurat kesehatan selama melakukan perjalanan.

Jenis Asuransi Perjalanan

Terdapat beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai asuransi perjalanan, sebagai berikut :

  1. Berdasarkan tujuan perjalanan

Jenis asuransi perjalanan pertama dibedakan berdasarkan tujuan perjalanan. Tujuan perjalan bisa beragam, seperti liburan, mengunjungi kerabat, perjalanan bisnis, dan lain-lain. Biasanya asuransi perjalanan yang pilih antara tujuan untuk liburan atau keperluan bisnis, maka dapat kamu sesuaikan dengan keperluan tersebut. Nominal premi yang harus dibayarkan juga dibedakan, dengan risiko yang lebih besar maka jumlah premi asuransi perjalanan dengan tujuan bisnis atau pekerjaan lebih besar juga.

  1. Berdasarkan jumlah tertanggung

Jenis berikutnya adalah asuransi perjalanan berdasarkan jumlah tertanggung. Misalnya kamu bepergian sendiri, maka kamu harus membeli asuransi individu. Sedangkan jika kamu pergi berkelompok maka membeli asuransi perjalanan kelompok. Asuransi perjalanan individu sudah pasti lebih mahal dibandingkan asuransi perjalanan kelompok. Umumnya, asuransi perjalanan kelompok digunakan oleh agen perjalanan atau instansi yang membawa rombongan.

  1. Berdasarkan destinasi tujuan

Adapun jenis asuransi perjalanan berdasarkan destinasi tujuan. Asuransi perjalanan terbagi menjadi dua yaitu, asuransi perjalanan luar negeri dan asuransi perjalanan domestik. Untuk asuransi perjalanan luar negeri, memiliki nilai premi yang berbeda-beda tergantung negara tujuan.

  1. Berdasarkan periode perjalanan

Terakhir yang wajib kamu ketahui adalah asuransi perjalanan berdasarkan periode perjalanan. Misalnya kamu hanya untuk satu kali perjalanan, maka kamu dapat memilih asuransi perjalanan single trip ini sangat cocok untuk kamu yang hanya bepergian untuk liburan saja. Ada juga asuransi perjalanan yang bisa dipakai untuk banyak perjalanan dalam periode satu tahu, yaitu annual trip yang cocok untuk kamu yang suka melakukan perjalanan bisnis. Annual trip adalah pilihan tepat untuk kamu yang sering bepergian, jadi tidak perlu repot membeli asuransi perjalanan lagi setiap kali mau bepergian. Biaya yang dikeluarkan juga akan lebih efisien.

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis asuransi untuk perjalanan yang ada, semoga dapat membantu Anda dalam menentukan jenis asuransi yang cocok untuk perjalanan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *